Home > Website dan Blog > Apa itu Hosting dan Domain?

Apa itu Hosting dan Domain?

Hosting

Hosting merupakan tempat dimana kita meletakan file-file dan data-data situs di internet supaya dapat di akses oleh pegguna internet dimanapun anda berada. Analoginya, hosting itu seperti sebuah tempat di mall yang digunakan untuk menyimpan barang-barang dagangan atau sederhananya kita sebut Toko. Sehingga para pengunjung mall bisa melihat barang-barang kita ketika berada di mall.

Tipe hosting ada dua, yaitu gratis dan berbayar. Untuk hosting gratis, anda tidak perlu membayar biaya sewa dan anda bisa menggunakan layanan hosting tersebut sesuai dengan ketentuan dari penyedia jasa hosting. Karena gratis fitur-fitur yang disediakan tidak selengkap hosting berbayar.

Hosting berbayar adalah hosting yang mengharuskan anda untuk membayar kepada penyedia jasa layanan untuk mendapatkan layanan yang lebih dibandingkan yang gratis, pembayarannya biasanya per bulan. Ini seperti anda menyewa sebuah kontrakan yang mengharuskan anda membayar setiap bulannya.

Pertanyaannya, kenapa kita harus membayar kalau bisa menggunakan yang gratis?  Pepatah Eropa mengatakan, “Ono rego, ono rupo” atau kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia “Ada harga ada barang (kualitas) hehehehe….. Memang kita tetap bisa menggunakan layanan yang gratis, namun seperti yang saya sampaikan ada perbedaan diantara gratis dan berbayat. Secara umum perbedaan hosting gratis dan hosting berbayar adalah, jumlah space atau kapasitas tempat yang disediakan lebih besar untuk yang berbayar, dan biasanya yang gratis ada iklan di website yang menggunakan layanan gratis dan kecepatan loading web yang berbeda, sebenarnya masih banyak lagi perbedaan diantara keduanya. Bagi anda yang pemula di dunia websites dan anda ingin menggunakan hosting hanya sebatas berlatih atau membuat websites sederhana, Q sarankan untuk menggunakan yang gratis saja. Dan saatnya kita beralih ke Apa itu domain?

Domain

Domain adalah suatu identitas unik untuk mengenali suatu website di jaringan internet, simplenya alamat web. Contohnya google.com, yahoo.com, facebook.com dll. Domain memiliki fungsi utama sebagai identitas suatu website. Dan anda lah yang harus member nama unik untuk mengenali website tersebut.

Sebenarnya, tanpa harus menggunakan domain, sebuah website sudah memiliki identitas sendiri yaitu berupa deretan angka yang disebut Nomor IP, contoh nomor IP 231.32.123.456 merupakan sebuah nama atau alamat yang mengarah ke website tertentu. Anda bisa membayangkan ada berapa banyak website di internet dan misalkan anda harus mengetahui nomor IP untuk tiap websites yang akan anda kunjungi? Pasti pusing . . . . . makanya di sinilah peran domain jadi sangat berarti, dengan domain maka anda akan lebih mudah mengenali sebuah website.

Analoginya yaitu seperti daftar kontak anda di handphone, nomor handphone itu seperti nomor IP dan nama pemilik nomor adalah Domain.

Jadi kesimpulannya, berdasarkan analogi saya di atas tentang Hosting dan Domain adalah seperti ini, Hosting adalah toko untuk meletakkan barang-barang dan Domain adalah nama toko itu sendiri, baik

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: